Cara Memperbaiki Error P10/B200 Pada Canon

Error P10 pada printer Canon MP258 dan MP287 atau B200 pada Canon IP2770 emang lumayan sering terjadi. Kasus seperti ini disebabkan tegangan listrik kurang stabil, hingga menyebakan rusaknya Resistor SMD R301 dan R302 pada main board. Emang bagi yg belum punya pengalaman agak sulit memperbaikinya karena karena R301 dan R302 dengan nilai resistensi 7,5 k ohm 
Jadi untuk menggantinya kita harus menggunakan kaca pembesar. Untuk Jenis Resistor SMD 7,5 kohm ini juga dipasaran agak susah mencarinya untuk itu kita bisa memodifikasi menggunakan resistor biasa yang ukuran seperempat watt. Bagi yang males kerjaan solder menyolder mau nggak mau memngatasi hap ini yaitu mengganti mainboard. Resistor 301 ini berfungsi menyuplai arus ke IC EPROM, maka dari itu karena tugasnya yang berat ini sering mengalami kerusakan. 
Tetapi saya pernah mengalami hanya dgn mencabut power suply dan dipasang lagi permasalahan ini bisa diatasi, tetapi ini jarang sekali, tetapi tidak ada salahnya untuk langkah awal bisa dicoba cara ini.
Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.....
                                                                                         By. Rudianto.S






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar